Pengantar Basis Data

Definisi Basis Data

Pengertian Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data dan teknologinya telah memainkan peran penting seiring dengan pertumbuhan penggunaan komputer. Basis data telah digunakan pada hampir seluruh area dimana komputer digunakan, termasuk bisnis, teknik, kesehatan, hukum, pendidikan dan sebagainya. Kata basis data dapat didefinisikan sebagai kumpulan data yang saling berhubungan. Sedangkan kata data dapat didefinisikan sebagai fakta yang direkam atau dicatat.

Komponen – komponen Basis Data

  1. Hardware (Perangkat Keras), sebagai media penyimpanan data. Komputer, Memori, Storage (Harddisk), Peripheral, dll.
  2. Software (Perangkat Lunak), sebagai Interpreter (Penterjemah) dan sebagai Interface (Penghubung)
  3. User, terdiri dari database Administrator, Programmer dan End User

Perushaan yang Memakai Basis Data

Adapun Perusahaan yang menggunakan Basis Data ini adalah CV. Tano. CV. Tano adalah toko yang bergerak di bidang usaha penjualan bahan bangunan dan jasa kontraktor. Di tempat ini program POS dipasang pada dua komputer dengan menggunakan jaringan lokal (LAN) menggunakan sistem client-server. Komputer yang digunakan adalah Pentium IV dan Pentium III, dengan memory 256MB, dan hard disk 40GB. Komputer juga dilengkapi dengan printer Epson LX300+ untuk mencetak fakturnya. Jumlah inventori yang ada sudah mencapai 1000an buah, dengan transaksi yang dilakukan cukup besar nilainya setiap hari. Ada pun program yang digunakan pada perusahaan ini adalah CoolSoftware Point Of Sales (POS) adalah program untuk penjualan berbasis sistem operasi Microsoft Windows yang sangat cocok digunakan untuk toko ritel. Hal ini dikarenakan rancangan program dibuat dengan fasilitas-fasilitas yang sesuai dengan keperluan pengguna ritel, mempunyai fasilitas sistem informasi yang lengkap, dan cara penggunaan program yang mudah, bahkan oleh orang yg awam sekalipun, program POS ini juga dibangun dengan teknologi software yang maju sehingga sangat dapat diandalkan dalam hal konsistensi data dan kecepatannya, walaupun dipasang pada komputer dengan spesifikasi yang minimal (dari PC sekelas Pentium III ke atas).

Program Coolsoft POS menggunakan database server PostgreSQL Server. Database Server tidak sama dengan Desktop Database seperti MS Acces, Paradox, SQLLite dll, karena Database Server memiliki kemampuan jauh lebih baik, seperti kestabilan diakses oleh banyak user, kecepatan yg lebih baik, lebih tahan terhadap komputer crash dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s